Federasi Sepak Bola Australia Angkat Bicara soal Konflik PSSI

Federasi Sepak Bola Australia Angkat Bicara soal Konflik PSSI

BeritaBolaMix.com – Federasi Sepak Bola Australia (FFA) angkat bicara soal konflik sepak bola Indonesia. Mereka amat berharap PSSI segera terbebas dari sanksi FIFA, sehingga sepak bola di Indonesia bisa kembali menggeliat.

FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada akhir Mei 2015, karena menilai adanya intervensi pemerintah terhadap PSSI melalui SK pembekuan organisasi sepak bola Tanah Aie tersebut yang dikeluarkan oleh kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora).

Kepala hubungan internasional FFA, Mark Falvo memaparkan, Indonesia merupakan bagian penting dari komunitas sepak bola Asia. Australia ingin menjalin hubungan baik dengan negara tetangga mereka yang satu ini. Apalagi, kini Negeri Kanguru juga tercatat sebagai anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

“Kami jelas karena Indonesia untuk kembali bergabung ke percaturan internasional sesegera mungkin,” tutur Mark Falvo, seperti yang dilansir situs The World Game pada akhir pekan lalu.

Falvo mengungkapkan, sebelum jatuhnya sanksi terhadap Indonesia, FFA telah menjalin kerja sama. Otoritas tertinggi sepak bola Australia sempat menjamu perwakilan klub profesional Indonesia di awal tahun 2015. Mereka melakukan studi banding pengelolaan kompetisi sepak bola Australia.

“Sejumlah perwakilan Indonesia datang ke sini awal tahun lalu. Mereka menghabiskan waktu selama enam pekan bersama kami, dan kami merotasi mereka ke beberapa departemen berbeda di FFA. Sayangnya kami sekarang tidak bisa lagi menjalin hubungan resmi, karena mereka sedang dijatuhi sanksi. Tapi kami tanpa ragu-ragu akan segera melanjutkan kerja sama itu saat sanksi sudah dicabut,”ungkap Falvo.

“Mereka merupakan anggota penting di AFC. Indonesia tetangga terdekat kami dan punya dukungan besar terhadap sepak bola. Begitu juga dengan gairahnya. Lebih cepat mereka kembali akan lebih baik. Kami sangat menantikan momen tersebut.”