Kalahkan Kroasia, Prancis Membawa Gelar Juara Piala Dunia 2018

Kalahkan Kroasia, Prancis Membawa Gelar Juara Piala Dunia 2018

Kalahkan Kroasia, Prancis Membawa Gelar Juara Piala Dunia 2018

Mixbola – Pada partai final Prancis berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 setalah bisa mengalahkan Kroasia dengan skor telak 4-2 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/07/2018).

Timnas Prancis berhasil mencetak gol di menit ke-18 melalui tendangan bebas Antoine Griezmann yang kemudian berhasil masuk ke gawang setelah menyentuh kepala Mario Mandzukic yang berusaha membuang bola, Akan tetapi bola tersebut malah masuk ke dalam gawang sendiri.

Tentu Kroasia bisa merespon gol itu dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menyamakan kedudukan menjadi seri. Ivan Perisic berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 melalui gol yang di cetaknya pada menit ke-29.

Perisic mendapatkan sodoran bola dari Domagoj Vida lalu berhasil melepaskan tendangan keras menggunakan kaki kiri yang memang tidak mampu di hentikan Hugo Lloris.

Namun Prancis bisa kembali unggul di menit ke-37 melalui eksekusi penalti Griezmann. Handball yang di lakukan Ivan Perisic di dalam kotak penalti membuat wasit kembali melihat tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR) yang kemudian memberikan penalti kepada Les Bleus.

Meskipun tertinggal skor 1-2 di babak pertama membuat Kroasia tidak menyerah dan terus berusaha meningkatkan serangannya di area kotak penalti lawan pada babak kedua, Aliran permainan cepat pun terus di peragakan oleh Luka Modric dkk agar bisa mencetak gol dan menyamakan skor.

Namun dengan serangan balik cepat Prancis yang berhasil untuk memperbesar keunggulan di menit ke-59 melalui gol yang di cetak Paul Pogba, Gelandang bertahan Prancis itu menerima umpan tarik dari Antoine Griezmann yang mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Bola tembakan kaki kanannya juga membentur pemain bertahan dari Kroasia dan bola rebound di sambarnya kembali dengan tembakan kaki kiri yang tidak bisa di halau oleh kiper Kroasia Danijel Subasic.

Kroasia seakan kehilangan semangat untuk bisa menantang Prancis. Hal tersebut terlihat dari begitu cepatnya Les Bleus memperbesar kembali keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-65 melalui gol yang dicetak Kylian Mbappe.

Pemain termuda di Piala Dunia 2018 itu mencetak gol setelah menerima umpan dari Lucas Hernandez. Mbappe tampak dengan tenang melepaskan tembakan mendatar yang meluncur ke sudut kanan bawah gawang Kroasia.

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit ke-69 lewat gol yang dicetak Mario Mandzukic. Gol dari Kroasia tercipta karena blunder yang dilakukan kiper Prancis, Hugo Lloris, yang bermaksud mengecoh Mandzukic di dalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Mandzukic dan masuk ke dalam gawang Timnas Prancis.

Hingga pertandingan berakhir tidak ada tambahan gol yang tercipta sehingga skor akhir tidak berubah untuk keunggulan Prancis dengan skor akhir 4-2 dan menjadi juara Piala Dunia 2018 di Russia.