Menpora Ingin PSSI Berantas Mafia Skor di Liga Indonesia

Menpora Ingin PSSI Berantas Mafia Skor di Liga Indonesia

Imam Nahrawi, Ingin PSSI Berantas Mafia Skor

beritabolamix.com – Sepak bola Indonesia kembali bergulir dengan adanya torabika soccer championship membuat klub bergairah untuk berkompetisi tetapi ada kabar kurang sedap yang muncul yaitu masih adanya mafia pengaturan skor dalam tubuh sepak bola kita.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, berharap Indonesia bisa meniru Brasil yang berhasil membongkar skandal pengaturan pertandingan di kompetisi sepak bola negeri tersebut.

Kepolisian Federal Brasil berhasil mengungkap jaringan kejahatan di sepak bola yang melibatkan salah satu eks pemain asing di Liga Indonesia. Hal ini membuat Imam Nahrawi pun kaget.

Menpora pun ingin penanganan serta pemberantasan kejahatan match fixing yang terjadi di Indonesia dilakukan sama seperti di Brasil. Apalagi, jaringan kejahatan di Negeri Samba itu melibatkan oknum dari Indonesia.

”Saya terkejut dan prihatin mendengar pernyataan kepolisian di Brasil yang menyebut ada keterlibatan bandar judi dari Indonesia dalam pengaturan skor di kompetisi sepak bola Negeri Samba,” kata Menpora dalam rilis yang diterima wartawan.

”Ini harus menjadi kepedulian kita semua, sebagai bagian dari sepak bola dan olahraga Indonesia. Di luar negeri, berhasil mengungkapnya, kenapa di negara kita tidak?” tutur dia melanjutkan.

Menurut Imam, kunci dari pemberantasan kejahatan ini adalah instropeksi. Ketika di Brasil terbuka untuk kerja sama dengan kepolisian untuk mengungkapkan pengaturan skor, maka Indonesia wajib mencontohnya.

”Di Brasil terbukti, kepolisian bisa menjadi mitra untuk menjadikan sepak bola menuju ke arah yang lebih bersih. Indonesia harus segera menggarap serius, agar match fixingsertamatch manipulation bisa diantisipasi dan diminimalkan,” katanya.

”Pengaturan-pengaturan itu secara tidak langsung pasti memengaruhi prestasi dan pembinaan. Mental pemain pasti akan terpengaruh,” ucap Imam.

Imam juga mengatakan, kemerosotan prestasi tim nasional Brasil belakangan ini dinilainya juga bisa terpengaruh oleh maraknya pengaturan-pengaturan itu.

Pada kasus yang terungkap tengah pekan ini, salah satu pelaku kejahatan di sepak bola itu adalah Marcio Souza. Marcio adalah eks penyerang asal Negeri Samba yang lama berkiprah di Indonesia.

Marcio menurut Kepolisian Federal Brasil berada di skema kedua dari urutan atas mafia pengaturan skor ini. Satu nama lagi, Anderson Silva, yang masih buron disinyalir juga eks pemain asing di klub Liga Indonesia.