Pemain-Pemain Muda Berbakat Timnas Inggris yang Berhasil Juara Piala Dunia

Pemain-Pemain Muda Berbakat Timnas Inggris yang Berhasil Juara Piala Dunia

Timnas Inggris menjuarai turnamen Piala Dunia U-20 setelah menang 1-0 atas Venezuela, di Stadion Suwon World Cup, 11 Juni 2017. Raihan prestasi itu didapat berkat kontribusi maksimal seluruh skuat, yang satu di antaranya adalah Dominic Solanke.

Dominic Solanke merupakan motor serangan Inggris pada Piala Dunia U-20 2017. Sang pemain tampil produktif lewat sumbangan empat golnya sepanjang turnamen tersebut bergulir.

Performa menawan membuat Dominic Solanke didaulat sebagai pemain terbaik Piala Dunia U-20. Dia pun bersanding dengan nama-nama besar peraih penghargaan itu pada era sebelumnya, yakni Lionel Messi, Paul Pogba, hingga Diego Maradona.

Dominic Solanke lantas digadang-gadang bakal menjadi talenta besar pada masa mendatang. Selain dari seluruh rakyat Inggris, para suporter Liverpool juga menyematkan harapan besar kepada sosok 19 tahun tersebut.

Akan tetapi, Dominic Solanke bukanlah satu-satunya pemain Inggris yang bersinar dalam turnamen tersebut. Setidaknya, ada empat rekannya yang juga memiliki talenta hebat.

Berikut ini adalah empat Wonderkid Inggris lainnya yang tampil gemilang di Piala Dunia U-20:

1. Lewis Cook

Lewis Cook mengawali karier sepak bola profesional di Leeds United pada musim 2014-2015. Dua tahun berselang, Bournemouth membelinya dengan nilai transfer tujuh juta euro (Rp 1,04 miliar).

Bersama Bournemouth, Lewis Cook hanya mengemas sembilan pertandingan di berbagai kompetisi pada musim 2016-2017. Namun, pengalaman itu membuatnya dapat tampil maksimal ketika membela Inggris di Piala Dunia U-20.

Lewis Cook bahkan didapuk sebagai kapten tim oleh manajer Inggris U-20, Paul Simpson. Keputusan itu pun terbukti tepat mengingat pemain yang berposisi di sektor gelandang tersebut mampu mengantarkan negaranya meraih prestasi tertinggi.

2. Dominic Calvert-Lewin

Everton memboyong Dominic Calvert-Lewin dari Sheffield United pada awal musim 2016-2017. Penyerang 20 tahun itu pun sempat melakoni 11 pertandingan dengan sumbangan satu gol di Premier League sepanjang periode tersebut.

Dominic Calvert-Lewin lantas didapuk menjadi bomber utama Inggris U-20 dan menunjukkan permainan gemilang. Gelontoran masing-masing dua gol dan assist sepanjang turnamen itu, menjadi bukti jika sang pemain memiliki andil penting terkait kesuksesan negaranya.

Berbagai pihak pun menilai Dominic Calvert-Lewin memiliki potensi untuk menjadi pemain kelas dunia. Jika mampu mencapai level itu, Everton bakal menjadi pihak yang paling diuntungkan karena sang pemain terikat kontrak hingga 2022.

3. Jonjoe Kenny

Everton dinilai memiliki masa depan cerah karena beberapa talenta belianya mampu unjuk gigi. Jonjoe Kenny merupakan satu di antara pemain yang memiliki kontribusi besar terkait kesuksesan Inggris menjuarai Piala Dunia U-20.

Jonjoe Kenny selalu mengisi starting line-up dari total tujuh laga yang dilakoni Inggris di turnamen tersebut. Dia pun tampil gemilang dengan sumbangan dua assist.

4. Fikayo Tomori

Paul Simpson memberikan kepercayaan penuh kepada Fikayo Tomori di jantung pertahanan timnya. Pemain Chelsea itu selalu tampil dan bermain penuh sepanjang gelaran Piala Dunia U-20 2017.

Fikayo Tomori pun membayar kepercayaan sang manajer dengan performa gemilang. Alhasil, Inggris hanya kebobolan tiga gol dari total tujuh pertandingan di turnamen tersebut.

Penampilan gemilang membuat Chelsea kabarnya bakal menawarkan kontrak baru kepada Fikayo Tomori. Manajemen klub diyakini tidak ingin situasi serupa Dominic Solanke kembali terjadi.