Xabi Alonso Putuskan Pensiun Dari Dunia Sepak Bola Akhir Musim ini

Xabi Alonso Putuskan Pensiun Dari Dunia Sepak Bola Akhir Musim ini

Gelandang asal Spanyol, Xabi Alonso, melalui situs resmi Bayern Munchen mengumumkan keputusan pensiun dari dunia sepak bola pada akhir musim 2016-2017.

“Ini bukan keputusan yang mudah, namun saya yakin akhir musim nanti adalah waktu yang tepat bagi saya (untuk pensiun),” kata Xabi Alonso.

“Saya selalu berpikir lebih baik berhenti lebih awal ketimbang menundanya suatu saat. Sebenanrnya saya masih merasa dalam kondisi yang baik, namun ini adalah saat yang tepat.”

“Saya ingin mengakhiri karier pada tingkat tertinggi di Bayern Munchen. Saya sangat bangga dan bahagia dapat bermain untuk Bayern Munchen sekaligus menjadi bagian dari keluarga besar klub,” ungkap Alonso.

Alonso memulai perjalanan karier sebagai pesepak bola profesional sejak 2000 dengan memperkuat Real Sociedad senior. Alonso sempat dipinjamkan ke Eibar sebelum pada akhirnya memutuskan pindah ke Liverpool pada awal musim panas 2004.

Karier Alonso mulai melesat sejak berkarier di Anfield. Alonso menjadi salah satu pemain yang turut mengantarkan The Reds meraih gelar Liga Champions pada musim 2004-2005.

Kesuksesan Alonso berlanjut ketika dirinya memutuskan kembali ke Spanyol dengan bergabung bersama Real Madrid pada 2009. Alonso membawa El Real meraih total enam trofi, termasuk gelar Liga Champions dan La Liga.

Ketika berada di puncak sukses, Alonso justru memutuskan pindah ke Bayern Munchen pada 29 Agustus 2014. Hingga kini, pemain kelahiran Tolosa itu mencatatkan 106 penampilan sekaligus mempersembahkan dua gelar Bundesliga.

Di kancah Internasional, Xabi Alonso merupakan bagian dari generasi emas skuat Spanyol saat meraih trofi Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.